Senin, 13 Desember 2010

Masalah pada Anjing

Mengobati Kutu Anjing

Salah satu penyakit anjing yang menjadi gangguan anjing adalah kutu anjing. Keberadaan kutu di bulu hewan peliharaan Anda ini sangat mengganggu kenyamanan anjing Anda. Kutu anjing bisa menempel di bulu-bulu anjing bahkan ada yang bisa masuk ke dalam kulit anjing untuk mengisap darah anjing. Penyakit kutu anjing ini biasanya muncul karena kandang maupun tempat tidur anjing yang tidak bersih, kotor, dan lembab. Kutu anjing berasal dan berkembang biak di daerah yang lembab dan berjamur. Oleh karena itu buatlah kandang dan tempat tidur hewan peliharaan Anda selalu bersih dan kering demi menghindari perkembangbiakan kutu.
Segera berikan obat kutu anjing apabila anjing Anda mengalami gangguan kutu anjing. Obat kutu anjing ada yang berupa cairan suntik disebut Ivomex yang diinjeksikan oleh dokter hewan. Atau Anda bisa menggunakan bedak kutu anjing yang dijual di salon anjing untuk membasmi serangan kutu anjing pada hewan kesayangan Anda. Selain itu, rutin mandikan anjing Anda 2 kali sehari dengan air hangat. Anjing yang bersih bukanlah tempat yang nyaman bagi perkembangbiakan kutu.
Gangguan kutu anjing selain tidak baik bagi anjing peliharaan Anda. Tentunya juga kurang baik bagi Anda sendiri dan keluarga. Kutu anjing yang menempel di sofa atau tempat tidur Anda akan membawa bakteri penyakit yang tidak baik bagi kesehatan. Hal ini tentunya membuat Anda sekeluarga menjadi kurang nyaman. Karena itu, perhatikan baik-baik kondisi anjing Anda, lakukanlah perawatan secara rutin dan jangan abaikan kebersihan anjing dan kandangnya. Lingkungan yang bersih akan memberikan kenyamanan tidak hanya pada hewan peliharaan tapi tentunya pada diri Anda sendiri.

Ciri-Ciri Anjing kena Cacingan

Cacing pada anjing sangatlah mencemaskan bagi para pencinta anjing. Karena cacing yang bertumpuk di dalam tubuh anjing sangatlah mematikan. Oleh karena itu kita harus memperhatikan penyakit tersebut pada peliharaan kita, terutama pada saat anjing masih kecil, karena ketika di kandungan anjing sudah terdapat telur-telur cacing di dalam plasentanya. Sehingga anak anjing lebih banyak yang terkena cacing anjing dibanding dengan anjing dewasa.
Penyakit cacing anjing ini sering juga disebut anjing cacingan. Anjing yang terkena cacingan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Perut besar
  2. Bulu kusam dan rontok
  3. Makannya banyak
  4. Tak bergairah
Kita harus mencegah cacing anjing atau anjing cacingan agar tidak terjadi pada anjing kita. Karena cacing anjing penyakit yang berbahaya pada anjing. Berikut beberapa cara untuk mencegah cacing anjing :
  1. Pemberian obat cacing sejak anjing berumur beberapa minggu. Hal ini sangatlah penting karena anjing yang masih kecil sangatlah mudah terserang penyakit ini.
  2. Pemberian obat cacing yang berkala. Anjing jangan hanya diberi obat cacing sekali saja. Tapi harus diberi terus menerus dengan jangka waktu 2 minggu sekali.
  3. Memberi makanan yang bergizi pada anjing. Karena kalau fisik anjing sehat maka penyakit tidak akan mudah masuk.
  4. Selalu menjaga kebersihan anjing. Anjing yang terkena cacingan biasanya anjing-anjing yang agak kotor. Kurang dijaga kebersihannya sehingga cacing mudah masuk.
  5. Memberi vitamin pada anjing. Hal ini dilakukan agar daya tahan tubuh anjing terjaga. Hingga tidak mudah sakit, termasuk cacingan.
Berapa dosis obat cacing anjing yang harus diberikan pada anjing yang terkena cacing anjing itu tergantung dari berat badan anjing bukan dari umur anjing. Berbeda dengan manusia yang pemakaian obat dilihat dari umur. Obat anjing dapat dibeli di toko-toko penyedia kebutuhan peliharaan seperti pet shop. Contoh obat cacing yang tersedia yaitu Drontal plus yang di produksi oleh bayer. 1 tablet Drontal plus diberikan untuk setiap 10 kg berat badan anjing. Anjing yang memiliki berat badan sekitar 1-5 kg cukup diberi ½ tablet saja, kalau 6-10 dapat diberi 1 tablet Drontal Plus, dan seterusnya. Sedangkan untuk anjing yang memiliki berat badan di atas 40 kg hanya diberi 4 tablet Drontal Plus, Karena batas maksimum pemberian obat ini adalah 4 tablet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar